Selamat Datang di web/blog Armada Komputer Indramayu, silahkan tinggalkan pesan

Instal WIN XP dengan Flashdisk


Armada beberapa hari kebelakang sering banget dapet orderan instal laptop yang gak ada CDROM nya ato malah ada CDROM tapi udah rusak.. biasanya seh pake sambungan converter USB to IDE/SATA tapi.. pengen nyoba trik lama waktu masih freelance dan dengan keterbatasan peralatan yaitu instal win XP tanpa CDROM.. loh kok bisa.. ya bisa donk.. namanya juga peralatanya gak ada.. wkwkwkwk... jadi nyari cara ampe muter-muter dulu di internet.. dan ketemu..
Berikut saya coba tulis langkah-langkah install windows pada laptop/pc tanpa harus menggunakan cd rom.

Cara ini melalaui media flasdisk dan dapat digunakan untuk meng instal pada PC ato laptop yang media CDROMnya udah lemah (gak bisa buat isntal). prinsipnya kita harus membuat flasdisk menjadi “disk booting”. ada dua cara pertama menggunakan aplikasi physdiskwrite dan sebuah image dos, dan cara kedua ini menggunakan aplikasi HPUSB flash. Keunggulan cara kedua ini adalah bahwa flashdisk yang dijadikan “boot disk” tetap akan bisa diisi oleh file lain, misalnya file installer windows. Pada cara pertama yang menggunakan physdiskwrite, flashdisk akan diformat dan seolah menjadi disket 3,5″, dengan kapasitas hanya 1,44MB dan tidak bisa diisi dengan file lain. Tetapi untuk menggunakan cara kedua ini kita harus memiliki ‘DOS system files’ yang akan dituliskan ke dalam flash disk.

So, dengan cara kedua ini kita hanya perlu memformat flashdisk sekali saja. Dan flashdisk tersebut bisa digunakan kembali kapan saja tanpa harus memformat ulang untuk membuat disk booting.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan flashdisk, sebaiknya kapasitas minimal 1GB.
2. Download aplikasi HPUSB flash .di SINI
3. Download DOS system file di SINI
4. Ekstrak kedua file tersebut ke komputer.
5. Jalankan aplikasi HPUSB flash dengan klik ganda pada file HPUSBFW.EXE
akan tampak tampilan seperti ini :

HP USB Flash Utility


6. format flasdisk anda
7. Cek pada pilihan Create a DOS startup disk, kemudian pada pilihan “using DOS system files located at” klik tombol sebelah kanan (browse) dan arahkan pada direktori hasil ekstrak dari file dos.zip pada langkah ke-3 di atas.
8. Setelah semua benar, kemudian klik Start. Tunggu sampai proses format selesai.
9. Setelah proses format selesai, copy-kan file-file yang ada pada direktori DOS (hasil download) ke flashdisk, kecuali file COMMAND.COM, IO.SYS, dan MSDOS.SYS (sudah tercopy sewaktu proses format).

Langkah pembuatan boot-disk selesai, anda tinggal meng-copy file installer windows ke flash disk tersebut. Caranya copy direktori i386 beserta file dan sub direktori di dalamnya dari CD installer windows ke dalam flash disk (gunakan windows eksplorer). Setelah selesai, anda siap menginstall windows ke PC/Laptop.
10. caranya : masuk ke direktori i386 terus ketik perintah winnt.exe trus enter

Anda akan masuk ke menu instalasi windows. Dari sini anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada layar monitor sampai selesai instalasi windows.

saya udah coba pada laptop Axioo yang cdromnya rusak dan berhasil.. saya tunggu komentarnya ya buat temen-temen sesama teknisi.. selamat bereksperimen..;)


9 comments:

seventh mengatakan...

yg ini ga mudeng mas :
" caranya : masuk ke direktori i386 terus ketik perintah winnt.exe trus enter"

ini ngetikannya pas dimana n gmn caranya?

thanks.

aab mengatakan...

waduh maaf mas ada yang ketinggalan cara nya.. maaf ya.. sebelum no. 10 anda harus setting bios dulu arahkan first boot ke usb (laptop or matherboar sekarang udah bisa boot dari usb flasdisk. setelah masuk di dos sistem yang ada di fdisk tinggal anda lakukan perintah2 dos.. (seperti instal win98/ME dulu).. ok try it.. thakns for comment..

rangga baya mengatakan...

mungin kyk gini yah ... C:\>cd i386 enter

trus C:\i386>winnt.exe enter

jalan deh !!! ^_^

aab mengatakan...

yups.. betul banget.. thanks for ranggabaya.. oy sekarang ada kabar gembira.. instal xp dari flasdisk tidak lagi ribet lewat dos.. sekarang flasdsk bisa jadi seperti cd xp.. langsung boot n jalan seperti layaknya kita instal xp lewat cd rom.. aku udah nyoba n sukses.. nanti aku posting caranya..

Anonim mengatakan...

woowkokwokwokw... AAbb picek namapang di blog . wkwkwkwkw slam buat penganten baru

Anonim mengatakan...

oh iya mas aab tolong tanya dum.. kok aku ga di undang sih

Sufyan @arya_wiralodra in #indramayu@Dalnet on mIRC mengatakan...

Wooow KEREN, sy ketinggalan euuuy...

http://corenet-cinta.blogspot.com/ mengatakan...

terima kasih informasinya mas aab, saya coba sepertinya menarik.. kira2 flasdish bisa untuk nginstall berapa kali yah???

emhade mengatakan...

Maaf diluar tema. (Kaya Mamah Dedeh)
Bulan Kemarin Saya Beli Flashdisk Kingston Datatraveler 4GB
Tapi pas saya buka kok cuma 3.6 GB
Tadinya saya mau komplein... mau nuker yang bener2 4GB
Tapi Setelah Dipikir2, ya sudahlah
Gak Mungkin Armada Mengurangi Timbangan Flashdisk.

Posting Komentar



 

ARMADA KOMPUTER INDRAMAYU © 2010 web admin Wong Cirebon